Monday, April 2, 2018

Ini Alasannya, Kenapa Usia 7 Tahun Diangap Paling Tepat Masuk Sekolah Dasar


Ada cerita menarik yang membuat saya ingin menulis tentang Usia Ideal Anak Masuk Sekolah Dasar (SD). Tahun kemarin anaknya tetangga libur sekolah selama satu tahun!
Kenapa Satu tahun?
Jadi begini si anak mulai sekolah TK saat usianya 4-5 tahun itu berarti sudah 2 tahun ia belajar di TK. saat usianya 6 tahun si ibu ingin mendaftarkan anaknya ke Sekolah Dasar tetapi ditolak. karena peraturan pemerintah menerapkan bahwa usia minimal masuk Sekolah Dasar (SD) adalah 7 tahun.

Sebenarnya sudah lama pemerintah mengesahkan peraturan ini namun banyak orangtua yang belum tahu bahkan ada yang sudah tahu tetapi tidak mengindahkan. sehingga mereka selangkah lebih awal mendaftarkan anaknya ke TK pada usia 3 atau 4 tahun dan mendaftarkan SD pada usia 6 tahun. ini akan membuat anak lebih lama di TK bahkan semakin lama jika harus menunggu usia 7 tahun untuk melanjutkan ke Sekolah Dasar. Jika sudah terlanjur mau tak mau bunda harus bersabar menunggu sampai usia 7 tahun.

Bukan hanya di Indonesia peraturan menerima murid Sekolah Dasar minimal berusia 7 tahun sudah di berlakukan di berbagai  negara. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 6 ayat 1 disebutkan bahwa setiap warga negara yang berusia 7-15 tahun wajib mengikuti Pendidikan Dasar. Selain itu dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan pasal 69 ayat 4, juga disebutkan bahwa SD/MI atau sederajat wajib menerima warga negara berusia 7 tahun sampai dengan 12 tahun sebagai peserta didik sampai batas daya tampungnya.

Meskipun secara kemampuan intelektualnya anak cukup mampu menyelesaikan soal-soal pelajaran.
Anak yang masuk SD saat usianya belum tujuh tahun, bisa saja dari segi kognitifnya berkembang bagus tapi akan terkendala dalam segi afektif dan psichomotorik.

Jika anak masuk Sekolah Dasar saat berusia 5 Tahun? 
Dilihat dari sisi perkembangan psikologi, anak di usia 5 tahun masih dalam tahap kritis keterampilan sosial. pernah lihat anak kelas satu SD minta duduk dengan mamahnya? atau bercanda dan tidak bisa duduk diam? itu karena diusia ini anak masih dalam tahap pengembangan keterampilan geraknya. Sehingga nantinya ia belum mampu belajar berkonsentrasi.

Jika anak masuk Sekolah Dasar saat usia 6 tahun? 
Bercanda dan mengobrol saat pelajaran berlangsung merupakan hal yang tidak diizinkan saat di SD, berbeda dengan lingkungan TK, anak-anak bisa bermain sambil belajar. artinya, masa pembelajaran terbaik untuk anak dibawah usia 6 tahun adalah dengan kenyamanan emosi, fisik, bebas berimajinasi, bebas bermain, jika ada larangan atau tekanan emosi makan tubuh akan memberontak untuk mencari kenyamanan maka terjadilah yang namnya mogok sekolah, ngambek, malas.

Baca juga Haruskah Sekolah TK Sebelum Usia 5 Tahun

Beberpa pakar psikologi mengatakan mental dan intelektual anak diusia 7 tahun sudah dianggap matang untuk duduk diam memperhatikan pelajaran. Usia 7 tahun merupakan fase ke empat dari masa perkembangan sensori integrasi. Di masa ini seluruh indra bekerja menjelajahi berbagai pengalaman dan menyimannya ke otak. Fase ini bisa disebut sebagai fase pengisian otak.

Namun ada pengecualian bagi anak yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata dibanding anak seusianya.

Kemampuan setiap anak itu kan berbeda-beda. memang ada segelintir anak yang terlahir sangat cerdas. Disamping itu tidak sedikit orangtua yang merasa anaknya istimewa dan berharap sang anak menjadi cepat pintar dengan memasukan anak ke SD lebih awal. tetapi dari banyaknya anak yang lahir, hanya sebagian kecil yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata sisanya normal.

Untuk itu tidak ada salahnya sebelum sekolah kita mengecek dan di test umur mentalnya. Bila skor anak di atas 130 berarti anak tersebut memiliki kemampuan lebih, namun jika skor diantara 85-115 berarti anak tersebut masih dalam katagori normal.

Sebagai insan pendidik dan para orangtua siswa seharusnya bisa mempertimbngkan format dan pendekatan pendidikan yang banyak dipaparkan saat ini. Apakah parents cenderung memaksakan percepatan pendidikan yang lebih cepat, lebih baik?
atau Bersabar menunggu sampai usianya 7 tahun?
Semua keputusan ada di tangan orangtua.

Semoga bermanfaat!


______________________________________________

Refrensi pendukung ttp://yuswadiwijaya.blogspot.co.id/2013/06/usia-ideal-anak-masuk-sekolah-dasar_9791.html?m=1



3 comments:

  1. Betul mbak, 7 tahun itu ideal. Kedua anak saya juga pas 7 tahun. Walaupun diusia 6 tahun anak-anak saya sebenarnya sudah memilik kemampuan untuk masuk SD tetapi guru TKnya kasih saran untuk tidak buru-buru karena ini sangat berpengaruh pada perkembangannya selanjutnya. Tfs.

    ReplyDelete
  2. Bener banget, saya juga pernah bahas hal ini di blog berdasarkan pengalaman anak saya masuk SD usia 7 tahun.
    Dibandingkan keponakan yang masuk usia 5 tahun emang jauh beda :)

    ReplyDelete